Mau Cari Indukan Flemish Giant? Begini Cara Memilihnya!

Dinda FG si Kelinci Flemish Giant Betina Dewasa

Jika Anda tertarik untuk membuka usaha ternak kelinci, maka memilih indukan yang bagus adalah hal pertama yang harus dilakukan saat memulai buka usaha. Baik kelinci pedaging maupun kelinci hias, sistem perkembangbiakan yang baik membutuhkan sosok indukan dengan kualitas yang baik.

Akan tetapi, perkembangbiakan kelinci pedaging biasanya lebih banyak dibutuhkan daripada kelinci hias. Pasalnya, untuk memenuhi kebutuhan pasar akan daging kelinci yang tidak sedikit, sehingga membutuhkan rotasi perkembangbiakan yang konstan dengan pertumbuhan yang terkontrol dengan baik.

Jika Anda tertarik untuk beternak kelinci pedaging, ada beberapa jenis kelinci yang bisa Anda jadikan pilihan. Adalah satunya adalah jenis kelinci Flemish Giant.

Kelinci jenis ini memiliki postur tubuh yang besar dan perawakan yang tinggi, sehingga menghasilkan jumlah daging yang lebih banyak daripada kelinci biasa. Tentu saja, kelinci ini banyak diminati untuk dijadikan suplier usaha sate kelinci maupun rica-rica kelinci.

Nah, untuk mendapatkan perkembangbiakan yang baik, berikut ini ada beberapa tips dalam memilih indukan Flemish Giant.

  1. Sehat

Kelinci indukan yang sehat dapat dilihat dari bentuk fisik tubuhnya. Tubuh yang gemuk, namun tidak obesitas, dan tulang-tulang punggung serta kaki yang lurus menandakan bentuk fisik kelinci yang sehat. Selain itu, telinga yang tegak serta gerakan yang lincah juga menandakan kelinci dalam kondisi sangat baik.

  1. Dapat berkembang biak dengan baik

Jumlah kelahiran anak kelinci biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor. Misalnya faktor keturunan, lingkungan, dan juga asupan makanan. Kelinci yang dapat berkembang biak dengan baik adalah kelinci yang bisa melahirkan banyak anak dan juga mampu menyusuinya secara baik.

Terlalu banyak anak terkadang juga kurang baik untuk pertumbuhan anak kelinci. Pasalnya, kurangnya asupan ASI dari sang induk membuat pertumbuhannya kurang optimal. Jadi, ideal indukan yang baik adalah yang biasanya melahirkan 7-8 anak pada setiap lahirannya.

  1. Usia kelinci

Memilih indukan kelinci tidak harus kelinci yang sudah menjadi induk, lho. Anda juga bisa memelihara sejak anak kelinci mulai dapat dipisah dengan induknya, yakni saat usianya di atas 40 hari. Usia tersebut sudah ideal bagi anak kelinci untuk hidup tanpa mengandalkan ASI dari sang induk.

Itulah setidaknya 3 tips dalam memilih indukan kelinci Flemish Giant. Lakukan pemilihan dengan detail untuk mendapatkan indukan yang benar-benar berkualitas. Terapkan tipsnya dan jangan sampai salah memilih, ya!