Cara Merawat Kelinci yang Baru Lahir

Jual Kelinci Lokal Murah di Bogor

Kelinci yang baru lahir perlu dijaga dengan baik. Hal ini dikarenakan mereka belum bisa mengatur suhu tubuhnya sendiri. Namun sayangnya, banyak peternak yang mengalami kegagalan usaha karena tidak memahami cara merawat kelinci baru lahir dengan baik, diantaranya peternak kelinci flemish giant.

Tidak hanya menjaga kesehatannya, melakukan perawatan dan pengawasan sangat berguna untuk mengurangi risiko serangan predator saat bayi ditinggalkan sang induk untuk mencari makan.

Hal lain yang sering terjadi dan merugikan peternak kelinci adalah kasus induk memakan anaknya sendiri. Selain itu, ada pula kasus induk yang tidak mau menyusui, sehingga anak kelinci bisa mati kelaparan.

Untuk menghindari risiko tersebut, peternak perlu memberikan perhatian khusus. Berikut ini tips merawat kelinci baru lahir yang bisa Anda praktikkan untuk menjaga ternak kesayangan tetap tumbuh dengan baik.

Memastikan semua bayi kelinci dalam keadaan baik

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan bahwa semua bayi kelinci lahir dengan selamat. Jika ada bayi yang mati, maka sebaiknya pisahkan dari kandang dengan memancing sang induk keluar dengan memberi camilan atau makanan. Selain itu, bersihkan kandang atau kotak sarang dari sisa plasenta atau tembuni.

Menjaga bayi kelinci tetap hangat

Bayi kelinci lahir dalam keadaan belum memiliki bulu. Oleh karena itu, Anda perlu menjaga mereka tetap hangat. Bila induk melahirkan di luar kotak sarang yang Anda persiapkan, maka letakkan bayi-bayi tersebut dalam kotak sarang yang bersih dan hangat. Jika perlu, Anda dapat menempatkan botol berisi air hangat di bawah alas kotak sarang untuk menjaga bayi tetap hangat.

Memastikan semua bayi menyusu

Jika semua bayi dalam keadaan baik-baik saja, Anda masih perlu memastikan mereka menyusu dengan baik. Kelinci bisa melahirkan hingga 10-12 bayi. Hal ini berpotensi menyebabkan kematian pada bayi kelinci karena tidak cukup mendapatkan susu.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat memindahkan bayi kelinci dalam kandang induk lain yang jumlah anaknya lebih sedikit. Anda dapat menutupi bayi kelinci tersebut dengan bulu induk sambungnya agar diterima. Sebaiknya, pindahkan bayi kelinci yang lebih kuat dan besar.

Mencukupi kebutuhan makan dan minum induk

Kebutuhan makanan dan minuman induk kelinci harus selalu terpenuhi agar ia dapat memproduksi air susu yang cukup untuk anak-anaknya. Anda dianjurkan untuk menyediakan makanan dan minuman segar setiap hari agar induk tidak merasa kelaparan. Perlu dipahami bahwa induk yang kelaparan dan merasa stres rentan memakan anaknya sendiri.

Itulah empat cara merawat kelinci baru lahir. Semoga bermanfaat dan bayi kelinci Anda tumbuh dengan baik dan sehat.